Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 3, No 1 (2015)

Penerapan Pembelajaran Kontrutivistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Alat Indera Penglihatan (Mata) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iv

Arrofa Acesta (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2018

Abstract

                                            AbstrakPermasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 4 Jalaksana dalam pokok alat indera penglihatan pada mata pelajaran IPA. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokokbahasan Alat Indera Penglihatan melalui penerapan pendekatan konstruktivisme di kelas IV SDN 4 Jalaksana. .Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua sikius. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan dilaksanakan dalam 4 tahap. yaitu perencanaan. pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah siswa di dalam kelas 18 orang anak terdiri dari 10 laki- lakidan 8 perempuan. Dari hasil tes sikius I siswa tuntas pada pertemuan 1 sebanyak 8 orang dan pertemuan 2 sebanyak 10 orang dari 18 siswa, dengan skor rata-rata 63,3 dan 67,7 dengan ketuntasan klasika 144,4 % dan 55,6%. Sedangkan pada sikius 11 siswa yang tuntas pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 sebanyak 15 dan 18 orang dari 18 siswa dengan skor rata-rata 88.9 dan 92.8 dengan ketuntasan klasikal 83,3 % dan l00%. Berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Alat Indera Penglihatan di kelas IVSDN 4 Jalaksana. Kata Kunci:  Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar, Alat Indra Penglihatan  

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...