JURNAL PengaMAS
Vol 2, No 2 (2019)

PELATIHAN PENGELOLAAN KONTEN GAME HAFALAN AYAT-AYAT AL QURAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK GURU SD IT AL MANSYUR BALUNIJUK KABUPATEN BANGKA

Maxrizal Maxrizal (STMIK Atma Luhur)
Syafrul Irawadi (STMIK Atma Luhur)
Sujono Sujono (STMIK Atma Luhur)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2020

Abstract

Tim dosen STMIK Atma Luhur melalui Program Kemitraan Masyarakat RistekDikti Tahun Anggaran 2019 mengadakan suatu pelatihan Pengelolaan Konten Game Hafalan Ayat-Ayat Al Quran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Guru SD IT Al Mansyur Balunijuk Kabupaten Bangka. Pelatihan ini terdiri atas dua tahap yang direncanakan sebanyak 18 kali kunjungan setiap pertemuan. Tahap 1 direncanakan selama 4 bulan dengan  rincian pengenalan dasar penggunaan komputer dan media interaktif, menyiapkan konten pada game hafalan ayat-ayat Al Quran dan pengadaan 3 komputer untuk spot-spot interaktif. Selanjutnya, pada tahap 2 (4 bulan berikutnya), Tim melakukan beberapa pelatihan yang merupakan lanjutan dari tahap 1 dengan fokus lebih pada kemandirian guru (operator) dan lounching media interaktif kepada siswa. Hasil dari pelatihan ini adalah aplikasi game hafalan ayat-ayat Al Quran dan para guru (operator) telah terlatih cara menginput ayat-ayat Al Quran sebagai database. Selain itu, game hafalan ayat-ayat Al Quran juga telah diterapkan sebagai pojok IT untuk media belajar para siswa. Game hafalan Al Quran juga telah diuji coba di kelas dalam proses mempermudah hafalan ayat-ayat Al Quran para siswa. Hasil menunjukkan bahwa para siswa begitu antusias dan termotivasi dalam menghafal ayat-ayat Al Quran. Kata Kunci : game hafalan ayat-ayat Al Quran, pelatihan pengelolaan kontens, kontens game hafalan Al Quran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pengamas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

PengaMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan, sosial humaniora, komputer, kedokteran dan ...