Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia (JPPK)
Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia

PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Fajar Arrasyid (Universitas Lampung)
Nina Kadaritna (Universitas Lampung)
Lisa Tania (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2017

Abstract

This study aimed to develop and describe the characteristic, the teacher and students responses, constraints and supporting factors on developing interactive e-book based on chemical representation. This study used RD method by Borg Gall which interactive e-book based on chemical representation as research subjects. Based on expert judgment in validity testing, this e-book wasin very high level for content suitability and attractiveness aspect. The teachers responses to those aspects was in very high level. The students responses to attractiveness aspect also in very high level with positive responses from teacher and students. Based on the result, this e-book was valid and feasible to be used.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mendeskripsikan karakteristik e-book, respon guru dan siswa terhadap e-book interaktif berbasis representasi kimia, kendala-kendala dan faktor pendukung pengembangan e-book. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan menurut Borg Gall dengan subyek penelitian yaitu e-book interaktif berbasis representasi kimia. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap e-book yang dikembangkan, diperoleh kategori sangat tinggi pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum dan aspek kemenarikan. Hasil respon guru terhadap kedua aspek tersebut memiliki kategori sangat tinggi. Hasil respon siswa terhadap aspek kemenarikan dari segi desain, perpaduan warna, gambar, dan animasi juga memiliki kategori sangat tinggi dengan respon positif yang diberikan dari guru dan siswa. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan e-book hasil pengembangan valid dan layak untuk digunakan.Kata Kunci: E-book, larutan elektrolit dan nonelektrolit, representasi kimia.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Focus and Scope Assessment and evaluation of chemistry learning Chemistry learning technology and innovation Chemistry learning based on Problem Solving, SiMaYang, PJBL, Didactic, Lesson Study, Discovery Learning, etc. HOT-based chemistry learning Inquiry-based learning includes inquiry, structured, ...