Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 1 No 2 (2018): Jesya Volume 1 Nomor 2 Periode Juni 2018

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT IM3 OOREDOO

Slamet Heri Winarno (ASM BSI Jakarta)
Bryan Givan (ASM BSI Jakarta)
Yudhistira Yudhistira (AMIK BSI Tangerang)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Penggunaan jaringan internet dan telepon yang telah menyebar ke daerah terpencil membuat masyarakat menjadi lebih konsumtif dalam melakukan pembelian pulsa mereka sendiri. Dengan meningkatnya frekuensi penggunaan komunikasi dan data internet, Indonesia menjadi negara yang menguntungkan bagi operator seluler. Pada pertengahan 2015, Indosat memiliki 68,5 juta pelanggan, naik 24,7% dibanding periode yang sama tahun lalu 54,9 juta pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penentu loyalitas pelanggan khususnya kualitas dan harga produk. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan sampel 100 mahasiswa pengguna IM3 Ooredoo dari tiga perguruan tinggi di Jabodetabek. Hasil peneltian menunjukkan nilai R square sebesar 62,9% , yang mengindikasikan loyalitas pelanggan ditentuka oleh kualitas produk dan harga secara posistif dan signifikan dengan persamaan regresi Y = 2, 942 + 0, 683 X1 +0, 346 X2. Terjadi hubungan atau pengaruh dalam menciptakan loyalitas pelanggan baik secara simultan atau parsial.

Copyrights © 2018