Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan (1) karakteristik, (2) kevalidan dan (3) keefektifan media pembelajaran BIMA PANDAWA. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN Sriwedari 1 & 2. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development. Desain penelitian yang digunakan merupakan modifikasi dari langkah Borg and Gall. Hasil penelitian ini menunjukan media pembelajaran BIMA PANDAWA valid, layak, dan efektif digunakan. Hal ini dibuktikan dari hasil kevalidan yang dinilai oleh validasi ahli untuk media pembelajaran dari aspek materi 90% (sangat valid), validasi untuk media dari aspek desain mendapat skor 87,2 % (sangat valid) dan validasi perangkat pendukung pembelajaran mendapatkan skor rata ? rata 90% (sangat valid). Hasil analisis uji Anova posttest pada kelas eksperimen dan kontrol memiliki sig. 0,002 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang siginfikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi atau masukan bagi perkembangan ilmu pendidikan, dan menambah kajian ilmu pengetahuan khususnya dalam pembelajaran Wayang Pandhawa.
Copyrights © 2020