Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2020): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

PENGARUH PENERAPAN ALGORITMA TERHADAP PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN KOMPUTER

Allen Marga Retta (Universitas PGRI Palembang)
Asnurul Isroqmi (Universitas PGRI Palembang)
Tika Dwi Nopriyanti (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi dan komputer saat ini semakin maju, semua bidang ilmu memerlukan keahlian komputer, sehingga bagi mahasiswa pemahaman logika matematika dan pembelajaran komputer sangat penting karena keduanya saling berhubungan. Berdasarkan pengalaman pembelajaran matakuliah komputer pemrograman masih banyak mahasiswa yang belum menguasai matakuliah tersebut.  Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan algoritma dalam pembelajaran pemrograman komputer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan algoritma terhadap hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran pemrograman komputer. Sampel penelitian yaitu mahasiswa Universitas PGRI Palembang tahun ajar 2017/2018 yang terdiri dari dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa: 1) Hasil belajar mahasiswa setelah diterapkan algoritma dalam setiap penyelesaian pemrograman lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari keseluruhan mahasiswa; 2) Hasil belajar  mahasiswa setelah diterapkan algoritma dalam setiap penyelesaian pemrograman lebih baik daripada mahasiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari KAM (tinggi, sedang dan rendah). Kata kunci : algoritma, pemrograman komputer  ABSTRACTThe development of information technology and computers nowadays is more advanced. All fields of science require computer expertise. Understanding mathematical logic and computer learning is very important for students because the two are interconnected. Based on the experience of lectures in a computer programming course, there are still many students who have not mastered this course. To overcome this problem, research is carried out by applying algorithms in learning computer programming. This research is a quantitative descriptive study that aims to see the effect of applying the algorithm to student learning outcomes in learning computer programming. The research sample were students of the Universitas PGRI Palembang in the academic year 2017/2018 consisting of two classes (experimental class and control class). After the research, the results are obtained that 1) Student learning outcomes after applying the algorithm in each programming completion is better than students who obtain conventional learning in terms of overall students; 2) Student learning outcomes after applying the algorithm in each completion of programming are better than students who obtain conventional learning in terms of students’ initial ability (high, medium and low).Keywords : algorithm, computer programming

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...