Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 9 No 1 (2019)

PENERAPAN METODE MMP DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Budiyanti, Erni (Unknown)
Kusuma, Arie Purwa (Unknown)
Arihati, Desy Bangkit (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat membuktikan perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Missouri Mathematics Problem (MMP) dan Numbered Head Together (NHT) pada materi trigonometri. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2018, dengan metode eksperimen. Sampel dari penelitian ini berjumlah 72 siswa, 36 siswa di kelas X Elektro 2 yang menggunakan metode Missouri Mathematics Project (MMP) dan 36 siswa di kelas X Elektro 1 yang menggunakan metode Numbered Head Together (NHT), pemilihan sampel penelitian secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes materi trigonometri berbentuk soal pilihan ganda, dari hasil ujicoba tes yang valid 25 soal dengan menggunakan reliabilitas Kuder Richardson (KR-20) diperoleh 0,9147. Berdasarkan perhitungan diperoleh data bahwa rata-rata hasil belajar siswa melalui metode Missouri Mathematics Project (MMP) memiliki rata-rata 76,5 dan rata-rata hasil belajar siswa melalui metode Numbered Head Together (NHT) memiliki rata-rata 71,33. Dalam uji prasyarat kedua data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis data diperoleh thitung = 2,068 > ttabel = 1,994. Maka diperoleh kesimpulan H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan metode Missouri Mathematics Project (MMP) dan metode Numbered Head Together (NHT) pada materi Trigonometri di kelas X.

Copyrights © 2019