Public Inspiration : Jurnal Administrasi Publik
Vol. 5 No. 1 (2020)

Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Pemecutan Kelod Kota Denpasar

Ramayanti Sitanggang (Magister Administrasi Publik, Universitas Warmadewa)
A. A. Gde Raka (Unknown)
I Made Mardika (Magister Administrasi Publik, Universitas Warmadewa)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2020

Abstract

Pelayanan prima menjadi tuntutan masyarakat dalam menilai kualitas pelayanan Pemerintah termasuk di tingkat desa. Pelayanan menjadi sangat penting agar masyarakat puas terhadap kinerja Pemerintah Desa. Penelitian ini berupaya mengkaji pengaruh lima dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari reability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles secara parsial dan simultan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Desa Pemecutan Kelod Kecamatan Denpasar Barat Kota Denpasar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang, dengan menggunakan model Isaac dan Michael. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, pengukuran variabel memakai skala Likert, skala 5. Uji validitas menggunakan paket program SPSS 24.0 for windows dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s. Uji Asumsi Klasik terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas varians, uji linieritas, multikolonieritas. Uji pengaruh variabel bebas kualitas pelayanan terhadap variabel terikat kepuasan masyarakat, digunakan uji kelayakan model dengan nilai signifikansi hasil uji F lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan (α=0,05). Hasil uji Anova, nilai F = 12270 dengan probabilitas sig = 0.000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikant dari dimensi daya tanggap terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai sebesar 0,466. nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0.005, nilai probabilitas Sig. (1-tailed) atau [ 0,05 > 0,005]. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dimensi keandalan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai sebesar 0,552, nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0.000, nilai probabilitas Sig. (1-tailed) atau [ 0,05 > 0,000]. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dimensi jaminan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai sebesar 0,469, nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0.005, nilai probabilitas Sig. (1-tailed) atau [ 0,05 > 0,005]. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dimensi jaminan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai sebesar 0,361, nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0.000, nilai probabilitas Sig. (1-tailed) atau [ 0,05 > 0,000]. (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dimensi jaminan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai sebesar 0,385, nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0.005, nilai probabilitas Sig. (1-tailed) atau [ 0,05 > 0,005]. (6) terdapat pengaruh positif dan signifikan lima dimensi daya tanggap, keandalan, jaminan, perhatian dan kemampuan fisik terhadap Kepuasan Masyarakat. Hasil tabel Model Summary R = 0.628, dan koefisien Determinasi ( Rsquare) sebesar 0,395, menunjukan bahwa Kepuasan Masyarakat (Y) dipengaruhi sebesar 62,8 % oleh variabel Daya Tanggap (X1), variabel Keandalan (X2), variabel Jaminan (X3), variabel Perhatian (X4) dan variabel Kemampuan Fisik (X5), sedangkan sisanya (37,2 %) dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

public-inspiration

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

PUBLIC INSPIRATION: Jurnal Administrasi Publik is a journal research published by Postgraduate program of Public Administration, Universitas Warmadewa. This Journal is a group of research including; Social science, Psychology, Politic, Anthropology, Information technology, Culture, and Law. This ...