LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Vol 10 No 2 (2020): LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

STRATEGI PENDIDIKAN LITERASI KELUARGA MELALUI ANALISIS NILAI DIDAKTIS PADA CERITA ANAK LITARA

Desti Fatin Fauziyyah (Unknown)
Dadang Sunendar (Unknown)
Vismaia S. Damaianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2020

Abstract

Masa pandemik covid-19 membuat penuh waktu kita bersama keluarga. Anak akan melihat apa yang mereka amati dan dengar. Melakukan sebuah tindakan kecil untuk memajukan literasi keluarga akn membuahkan kebiasaan besar yang akan melekat di diri anak. Memulai dengan membuat strategi pendidikan literasi keluarga merupakan langkah awal untuk menjaga situasi rumah agar lebih produktif di masa pandemik covid-19 ini. Langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut. (1) membaca cerita anak, (2) menandai dan menganalisis data dalam cerita anak, (3) menyimpulkan nilai-nilai didaktis pada cerita anak tersebut, (4) Membuat strategi literasi keluarga dari hasil analisis nilai didaktis cerita anak dari litara. Metode yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif dengan hasil yang didapatkan memberikan strategi pendidikan untuk memilih cerita anak yang kebermanfaatannya dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan keluarga dan kerja sama membangun kebersamaan belajar untuk meningkatkan literasi antara orang tua dan anak. Sebelum orang tua membacakan cerita, orang tua pun dituntut untuk mampu menganalisis dan memberikan pengetahuan yang luas dari yang akan dibacakannya. Seperti yang kita rasakan pada masa kanak-kanak, bahwa cerita yang menarik pada masa anak-anak akan terus teringat hingga kita dewasa. Kata Kunci : strategi pendidikan, lietrasi keluarga, nilai didaktis, cerita anak litara

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diberi nama LITERASI, nama tersebut dipilih sebagai upaya untuk tetap menjadikan keterampilan berbahasa sebagai landasan pengembangan ilmu pengetahuan. Seperti sebuah pernyataan “bahasa sebagai penghela ilmu pengetahuan”. Jurnal LITERASI diterbitkan oleh Prodi Pendidikan ...