Jurnal Psikologi Sosial
Vol 19 No 1 (2021): February

Pemberian teknik Door in the Face dan Foot in the Door untuk meningkatkan perilaku prososial

Luly Luliyarti (Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar, Jl. Mapala No.1 Makassar 90222)
Widyastuti Widyastuti (Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar, Jl. Mapala No.1 Makassar 90222)
Kurniati Zainuddin (Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar, Jl. Mapala No.1 Makassar 90222)
Nurul Fajriah Yahya (Fakultas Psikologi, Universitas YAI Persada Jl. Pangeran Diponegoro No.74, RT.2/RW.6, Kenari, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik door in the face dan foot in the door dalam meningkatkan perilaku prososial serta mengetahui perbedaan efektivitas pemberian teknik kesepakatan dalam meningkatkan perilaku prososial. Partisipan penelitian ini melibatkan 161 siswa SMA X (Kota) dan SMA Y (Desa) berusia 16-19 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain multiple treatments and controls with pretest. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, ada perbedaan efektivitas pemberian teknik door in the face dan foot in the door dalam membentuk kesepakatan terhadap perilaku prososial. Teknik foot in the door lebih efektif dalam membentuk kesepakatan terhadap perilaku prososial dibandingkan teknik door in the face. Kedua, ada perbedaan efektivitas pemberian teknik kesepakatan (door in the face dan foot in the door) dalam meningkatkan perilaku prososial di SMA X dan SMA Y. Pemberian teknik door in the face dan foot in the door lebih efektif dalam meningkatkan perilaku prososial di SMA Y dibandingkan SMA X. Penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian untuk mengetahui penyebab dibalik perbedaan perilaku prososial yang ditampilkan meskipun mendapatkan perlakuan yang sama.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences Other

Description

Jurnal Psikologi Sosial (JPS) adalah sarana untuk mengembangkan psikologi sosial sebagai ilmu pengetahuan maupun sebagai ilmu terapan, melalui publikasi naskah-naskah ilmiah dalam bidang tersebut. JPS menerima naskah-naskah penelitian empiris kualitatif atau kuantitatif terkait dengan ilmu psikologi ...