Tujuan penelitian ini adalah untuk :(1) untuk mengetahui respon belajar peserta didik dengan penerapan model Probblem BasedLearning. (2) untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik dengan penerapan model Probblem Based Learning. (3) untuk mengetahuicapaian hasil belajar peserta didik dengan penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran instalasi penerangan listrik bangunanbertingkat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen quasi. Adapun hasil penelitiannya adalah (1) respon peserta didik dengan penerapan modelProblem Based Learning menunjukkan kategori sangat baik, (2) motivasi belajar peserta didik dengan penerapan model Problem Based Learningberada pada kategori sangat tinggi, (3) capaian hasil belajar dengan penerapan model Problem Based Learning dengan prosentase kelulusan95%. Dari hasil penelitian ini model pembelajaran dengan mengunakan problem based learning sangat baik digunakan untuk meningkatkanhasil belajar peserta didik pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat ini terlihat dari hasil penelitian bahwa hampirsemua peserta didik dalam suatu kelas eksperimen nilai hasil belajar berada di atas standar kriteria ketuntasan minimal
Copyrights © 2020