DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1 (2020): April

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MEMBACA PETA PADA PELAJARAN IPS DI SD

Hartinawanti, Hartinawanti (Unknown)
Selvi, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2020

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes in reading provincial maps in class IV SD Inpres 5/81 Mattampawalie through a demonstration method. The research method uses classroom action research (CAR), with a qualitative descriptive approach. Data collection techniques through tests, interviews and observations. Subjects in this study were teachers and fourth grade students of SD Inpres 5/81 Mattampawalie with a total of 12 students consisting of 4 men and 8 women who were active and registered in odd semester 2019/2020. The data analysis technique used is reducing data, presenting data, drawing conclusions and verifying data. The results showed that from the results of data analysis and reflection that referred to indicators of success that were determined that students' mastery learning in the first cycle had not yet referred to predetermined success indicators; From the results of data analysis and reflection that refers to the indicators of success that are determined that the completeness of student learning in the second cycle already refers to the indicators of success that have been determined.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa membaca peta provinsi di kelas IV SD Inpres 5/81 Mattampawalie melalui metode demonstrasi. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan pendekatan deskriptif  kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa kelas IV SD Inpres 5/81 Mattampawalie dengan jumlah siswa 12 orang terdiri dari 4 laki-laki dan 8 perempuan yang aktif  dan terdaftar pada semester ganjil 2019/2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis data dan refleksi yang mengacu kepada indikator keberhasilan yang ditetapkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum mengacu pada indikator keberhasilan yang telah ditentukan; Dari hasil analisis data dan refleksi yang mengacu kepada indikator keberhasilan yang ditetapkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada siklus II sudah mengacu pada indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Description

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dikelola dengan proses peer review dan open acces. memiliki p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307. Terbit dua kali dalam setahun, bulan April dan September. Dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar ...