Perilaku kekerasan merupakan tindakan negatif yang sering diterima anak baik pada aspek emosional, verbal maupun fisik. Indonesia menduduki angka ketiga setelah Jepang dan Amerika dengan prevelansi diatas 60%. Peningkatanan kakekerasan di Sumatera Barat pada anak usia sekolah setiap tahunya diatas 40%, dimana kota yang paling tinggi adalah Padang, Payakumbuh dan Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Metode The Support Group Methode (TSGM) Terhadap Pencegahan Perilaku Kekerasan Pada Anak Di Sekolah Dasar. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Pre Test Post Test With Control Group dengan jumlah sampel (N= 62) yang terdiri dari 31 kelompok kontrol dan 31 kelompok intervensi. Hasi luji statistic paired sample t test didapatkan nilai p > 0.000 sebelum dan sesudah diberikan tindakan pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Sedangkan untuk melihat perbedaan antara kelompok kontrol dan intervensi menggunakan uji Independent Sampel T tes untuk pengetahuan p 0.000, sikap p 0.033, yang artinya terdapat pengaruh antara kelompok kontrol dan intervensi. Metode TSGM dapat dikombinasikan dengan terapi asertif untuk mengurangi angka kekerasan (bullying) disekolah
Copyrights © 2020