Menara Ilmu
Vol 14, No 1 (2020): VOL. XIV NO. 1 JULI 2020

PENGARUH PENDEKATAN METODE THE SUPPORT GROUP METHOD (TSGM) TERHADAP PENCEGAHAN PERILAKU KEKERASAN PADA ANAK DI SEKOLAH DASAR

Putri, Marizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2020

Abstract

Perilaku kekerasan merupakan tindakan negatif yang sering diterima anak baik pada aspek emosional, verbal maupun fisik. Indonesia menduduki angka ketiga setelah Jepang dan Amerika dengan prevelansi diatas 60%. Peningkatanan kakekerasan di Sumatera Barat pada anak usia sekolah setiap tahunya diatas 40%, dimana kota yang paling tinggi adalah Padang, Payakumbuh dan Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Metode The Support Group Methode (TSGM) Terhadap Pencegahan Perilaku Kekerasan Pada Anak Di Sekolah Dasar. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Pre Test Post Test With Control Group dengan jumlah sampel (N= 62) yang terdiri dari 31 kelompok kontrol dan 31 kelompok intervensi. Hasi luji statistic paired sample t test didapatkan nilai p > 0.000 sebelum dan sesudah diberikan tindakan pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Sedangkan untuk melihat perbedaan antara kelompok kontrol dan intervensi menggunakan uji Independent Sampel T tes untuk pengetahuan p 0.000, sikap p 0.033, yang artinya terdapat pengaruh antara kelompok kontrol dan intervensi. Metode TSGM dapat dikombinasikan dengan terapi asertif untuk mengurangi angka kekerasan (bullying) disekolah

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...