Jurnal Ternak
Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Ternak

Pengaruh Suplementasi Probiotik Melalui Pakan terhadap Konsumsi Pakan Ayam Petelur Strain Isa Brown

Dian Afikasari (Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Kahuripan Kediri Jl. Soekarno Hatta, No. 01 Pare 64213, Kediri, Jawa Timur, Indonesia)
Rifa'i Rifa'i (Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Kahuripan Kediri Jl. Soekarno Hatta, No. 01 Pare 64213, Kediri, Jawa Timur, Indonesia)
Diyah Ayu Candra (Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Kahuripan Kediri Jl. Soekarno Hatta, No. 01 Pare 64213, Kediri, Jawa Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi pakan pada ayam petelur melalui penambahan probiotik pada pakan ayam. Suplementasi probiotik Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacteria sebagai alternatif dari Antibiotic Growth Promoter (AGP) yang berpengaruh dalam konsumsi pakan ayam petelur. Penelitian ini melibatkan 180 ayam petelur pada usia 35 minggu sepenuhnya diacak menjadi tiga perlakuan. Perlakuannya adalah T0 yakni berisi pakan standar, kemudian T1 berupa pakan standar dengan 0,1 g/120 g pakan AGP, dan T2 pemberian 2,5 ml probiotik Lactobacillus acidophilus + 0,5 ml Bifidobacterium yang dicampurkan dengan pakan standar 120 g/ekor/hari. Hasil penelitian memperlihatkan perbedaan yang signifikan antara perlakuan (p<0,05). Konsumsi pakan tertinggi yaitu pada T0 115,14 gram/ekor/ hari, kemudian T1 menunjukkan hasil konsumi pakan 113,19 gram/ekor/hari, dan T2 menghasilkan konsumsi pakan terendah yakni 112,16 gram/ekor/hari. Hasil penelitian menunjukan terjadi penurunan konsumsi pakan dikarenakan pemberian probiotik yang menjadikan efisiensi proses pencernaan pada ayam petelur. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ternak

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Veterinary

Description

Jurnal Ternak bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan ulasan tentang hewan-hewan tropis yang terkait dengan biosains, bioteknologi, sumber daya bio seperti ayam, bebek, puyuh jepang, sapi, kerbau, domba, kambing, babi, kuda, serta hewan endemik Indonesia yang tidak dipatenkan. , ...