Jurnal Basataka (JBT)
Vol. 3 No. 1 (2020): Juni 2020

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MODEL COMPLETE SENTENCE MUATAN BAHASA INDONESIA DI SDN 027 SAMARINDA ULU: Indonesia

Nurul Hikmah (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Eka Selvi Handayani (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Hani Subakti (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) sangat penting dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang memuasakan khususnya pada muatan bahasa Indonesia pada kurikulum 2013. Atas dasar itu, penelitian ini dilaksanakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar model complete sentence muatan bahasa Indonesia di SDN 027 Samarinda Ulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. Penelitian telah dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tahap pelaksanaan disetiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi diakhir tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil akhir dari penelitian tindakan kelas (PTK) menunjukan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan. Ini terlihat dari hasil siklus I yang mendapatkan nilai rata-rata tes yaitu 70. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat dengan mendapatkan nialai rata-rata tes 80. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK), maka dapat disimpulkan bahwa complete sentence dapat meningkatkan hasil belajar muatan bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 027 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BASATAKA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus dan cakupan Jurnal BASATAKA adalah penelitian dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia. The focus and scope of BASATAKA Journal is research in the fields of Education, Language, and Indonesian ...