Perspektif Komunikasi; Jurnal Ilmu Komunikasi dan Komunikasi Bisnis
Vol 4, No 1 (2020): Perspektif Komunikasi

KOMUNIKASI SIARAN RADIO DI ERA DIGITAL GUNA MEMPERTAHANKAN BUDAYA BETAWI

Puspa Nirwana (Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia)
Oktaviana Purnamasari (Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Persaingan di era digital mendorong radio-radio untuk mencari cara guna mempertahankan keberadaannya agar tetap hidup. Tidak sedikit radio yang akhirnya tumbang dan tidak beroperasi sama sekali. Kenyataannya saat ini mendengarkan radio cukup menggunakan streaming yang mengandalkan akses internet dan melalui aplikasi yang sudah built in atau tersedia di gadget, bukan lagi melalui bentuk fisik radio yang terkesan tua.  Banyak yang memperkirakan radio akan mati di era yang serba digitalisasi seperti saat ini. Tapi faktanya adalah tidak semua radio mati tergerus oleh kecanggihan teknologi yang serba digital, salah satunya Bens Radio yang tetap hidup dengan mempertahankan budaya Betawi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi komunikasi siaran radio dan menganalisis cara yang digunakan Bens Radio dalam mempertahankan budaya Betawi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode wawancara mendalam. Pemilihan informan secara purposive dengan melibatkan station manager, produser, penyiar dan pendengar Bens Radio. Teknik analisis data menggunakan analisis dari Miles dan Huberman yang kemudian diolah dengan menggunakan software NVivo 12 Pro. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa sebuah radio tidak hanya bertugas menyampaikan informasi yang formal maupun informal, tetapi radio berperan juga sebagai pemersatu pendengar dalam hal budaya. Penyiar Bens Radio dalam menjalankan program siarannya menggunakan komunikasi yang mudah diterima dengan menggunakan bahasa Betawi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Focus and Scope Perspektif Komunikasi focuses on writings that contains research and contemporary thinking in the field of Communication Studies in various perspectives and angles include: 1. Political Communication, features cutting-edge theory-driven empirical research at the intersection of ...