Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi
Vol 4, No 1 (2020): Juni 2020

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL BAGI SISWA SMA

Aliman, Muhammad (Universitas Negeri Malang)
Mutia, Tuti (Universitas Hamzanwadi)
Halek, Dahri Hi (STKIP Kie Raha)
Hasanah, Rafika (Universitas Negeri Padang)
Muhammad, Hujairah Hi (Universitas Bumi Hijrah)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

Kompetensi yang harus dimiliki siswa SMA yang mempelajari geografi adalah kemampuan dalam berpikir tentang keruangan (Spatial Thinking). Kemampuan ini digunakan sebagai modal menghadapi persaingan global pada masa revolusi industry 4.0. Mengetahui kemampuan berpikir spasial siswa membutuhkan instrumen yang mampu mengukur secara detail kemampuan yang dimiliki siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas soal: realibilitas, daya beda butir soal, tingkat kesukaran dan korelasi antar butir soal kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dianalisis dengan software ANATES. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: instrumen tes kemampuan berpikir spasial ini dapat digunakan secara maksimal karena daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal berfungsi dengan baik. Namun, kemampuan instrumen dalam membedakan tingkat kemampuan berpikir spasial antar siswa belum maksimal berfungsi dengan baik. Diperlukan pengembangan lebih lanjut dalam mengujicobakan instrumen ini sehingga mampu mengukur secara rinci kemampuan berpikir spasial siswa SMA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

gdk

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel ilmiah dengan cakupan hasil penelitian geografi bidang pendidikan dan pembelajaran, sistem informasi geografi dan penginderaan jauh, kependudukan, pengembangan wilayah, kebencanaan serta pengelolaan ...