Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan
Vol 2, No 1 (2020)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN SENAM IRAMA

Wijayanti, Anik (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan proses pelaksanaan kemampuan motorik kasar melalui Kegiatan Senam Irama pada anak Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi tahun ajaran 2018/2019; 2) mendiskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan senam irama pada anak Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi tahun ajaran 2018/2019.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi yang berjumlah 12 anak terdiri dari 3 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisa data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% atau 9 anak dari 12 anak memiliki kemampuan motorik kasar dengan kriteria berkembang sangat baik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan  kegiatan senam irama dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi meliputi : a) gerak lengan; b) gerak kaki; c) kombinasi gerakan lengan dan kaki yang dilakukan sebanyak 6 pertemuan  dalam 2 siklus ; 2) kegiatan senam irama dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak sebesar 92%, dengan hasil pada: pra siklus diperoleh 0% atau belum ada anak dari 12 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik, b) siklus I diperoleh 8% atau 1 anak dari 12 anak yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan, c) siklus II diperoleh 92% atau 11 anak dari 12 anak yang kemampuan motorik kasar berkembang sangat baik. Kata Kunci: Kemampuan Motorik Kasar, Kegiatan, Senam Irama, Kelompok Bermain, PTK.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan is an academic journal that published all the studies in the areas of education, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, ...