Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 1 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 1 Tahun 2019

PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA PGSD ANGKATAN 2018 DALAM MENDESAIN RPP K-13 MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL PADA TAHUN 2018 TEBUIRENG–JOMBANG

Siswanto, M. Bambang Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2019

Abstract

AbstrakBelajar merupakan suatu proses perubahan kegiatan dan reaksi terhadap lingkungan. Perubahankegiatan yang dimaksud mencakup pengetahuan, kecakapan dan tingkah laku. Perubahan itudiperoleh melalui pengalaman (latihan) bukan dengan sendirinya berubah karena kematanganatau keadaan sementara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatanmenyusun RPP dengan menggunakan pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL)bagi mahasiswa PGSD angkatan 2018 Peningkatan tersebut diharapkan terjadi pada tahap-tahapmenyusun dimulai pramenyusun, Saat menyusun dan pasca menyusun RPP. Metode penelitianyang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunkan rancangan penelitian tindakan,yang disusun dalam satuan siklus dengan sistem berulang. Setiap siklus berisi aktivitaspembelajaran pramenyusun, saat menyusun, dan pasca menyusun melalui perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil refleksi digunakan sebagai dasar untuk perbaikanpembelajaran pada siklus berikutnya. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan, catatanlapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kreativitaspenyusunan RPP pada mahasiswa PGSD angkatan 2018. Peningkatan kreativitas penyusunanpramenyusun RPP tercermin pada semakin tepat mengidentifikasi dan memahami struktur RPP.Pada saat menyusun RPP kemampuan mahasiswa meningkat. Peningkatan tersebut tercermindalam penggunaan multistrategi mengajar yang kreatif dan inovatif dan mensimulasikandidepan kelas.Kata kunci: Perencanaan pembelajaran, Pendekatan CTL dan Struktur RPP

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ed-humanistics

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan ...