Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 2 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 2 Tahun 2019

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINGERMATHIC PADA ANAK USIA DINI

Norma Diana Fitri (Unknown)
Indaria Tri Hariani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak masih sangat bersifat konvensional, hal ini ditunjukkan pada kegiatan belajar mengajar di TK Tunas Asri Benowo Surabaya, dalam mengenalkan angka guru masih menggunakan metode ceramah, dan hafalan. Untuk menghitung bilangan anak-anak masih menulis pada buku yang diberikan oleh gurunya. Penelitian yang dilakukan penulis saat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di TK. Tunas Asri Benowo Surabaya dengan kegiatan yang menarik bagi anak yaitu dengan memberikan metode pembelajaran yang dibutuhkan untuk anak. Untuk mengatasi permasalahan yang ada di TK Tunas Asri Benowo Surabaya tersebut diadakan penelitian dengan tujuan meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun dengan mengunakan metode fingermathic. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode fingermathic dapat meningkatkan kemampuan berhitung di TK. Tunas Asri Benowo Surabaya. Pada pra siklus sebesar 69,23% yang berada pada kriteria Belum Berkembang (BB), pada siklus I dilakukan tindakan melalui metode fingermathic meningkat menjadi 53,85% pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan meningkat pada siklus II menjadi 84,62% pada kriteria Berkembang Sesuai harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun dengan metode fingermathic di TK. Tunas Asri Benowo Surabaya. Disarankan kepada guru agar lebih kreatif dalam memberikan kegiatan pembelajaran yang berpengaruh dengan meningkatnya kemampuan berhitung anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ed-humanistics

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan ...