Journal of English Language Teaching
Vol 2, No 2 (2014): Serie C

TEACHING WRITING A DESCRIPTIVE TEXT BY USING THE BIO−POEMS STRATEGY TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Sherly Deswita (Unknown)
Muhammad Al-Hafizh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2014

Abstract

Abstrak Permasalahan utama yang dihadapi oleh siswa dalam menulis teks deskriptif yaitu mereka kesulitan dalam mengungkapkan dan mengembangkan gambaran mereka terhadap objek yang akan dideskripsikan. Untuk mengatasi ini, penulis menggunakan strategi yang disebut dengan Bio-poems. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan bagaimana cara menggunakan strategi Bio-poems dalam mengajar descriptive text kepada siswa SMP. Di awal pembelajaran (BKOF), guru membangun pengetahuan siswa dengan menjelaskan topik yang akan dibahas dengan memperlihatkan gambar. Selanjutnya, pada MOT guru menulis descriptive text berdasarkan gambar, kemudian guru dan siswa membuat bio-poems berdasarkan teks tersebut. Setelah itu, pada JCOT siswa diminta untuk membuat bio-poems dan menulis descriptive text didalam kelompok. Diakhir pembelajaran (ICOT), siswa diminta untuk menulis descriptive text secara individu dan guru memberikan ulasan dan menyimpulkan pelajaran bersama-sama dengan siswa. Siswa akan lebih mudah dalam mengungkapkan dan mengembangkan gambaran mereka terhadap objek yang akan dideskripsikan. Kata kunci: Teks deskriptif, Keterampilan menulis, Bio-poems

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...