Journal of English Language Teaching
Vol 6, No 1 (2017): Serie B

AN ANALYSIS OF GENERIC STRUCTURE IN STUDENTS’ WRITING OF AN ANALYTICAL EXPOSITION TEXT AT GRADE XI OF MAN 2 PADANG IN THE 2015/2016 ACADEMIC YEAR

RIFA'ATUL MAHMUDAH (English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang)
Yeni Rozimela (English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang)
Saunir Saun (English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana tulisan siswa di dalam menulis teks analytical exposition di lihat dari struktur teks analytical exposition itu sendiri, yaitu Thesis, Argument, dan Reiteration. Dalam penelitian ini penulis menggunakan rubrik penilaian yang di adaptasi dari teori Hamp-Lyons yang digunakan oleh tim assessors yang ahli di bidang writing dan penulis sendiri untuk menilai tulisan siswa tersebut. Instrumen yang digunakan adalah menulis teks analytical exposition berdasarkan tiga buah topik berbeda. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Padang untuk siswa kelas XII tahun ajaran 2015/2016. Jumlah tulisan siswa yang terkumpul adalah 100 buah teks, dan 25 buah teks di ambil secara acak sebagai sampel untuk di analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis thesis, argument dan reiteration termasuk kedalam kategori good. Untuk hasil yang lebih baik lagi, guru Bahasa Inggris diharapkan untuk banyak memberikan latihan menulis  kepada siswa untuk berbagai jenis teks di dalam Bahasa Inggris, khususnya teks analytical exposition. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian berkaitan dengan teks analytical exposition yang lebih baik lagi kedepannya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jelt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of English Language Teaching is a journal published by English Language Teaching Study Program of FBS Universitas Negeri Padang. This journal is published three times a year (March, June, and September). The main purpose of this journal is to advance and foster English Language Teaching or ...