Jurnal Tarbiyah Al-Awlad
Vol 7, No 2 (2017)

PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 21 LUBUK LINTAH PADANG

Media Roza (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Hasil belajar IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 21 Lubuk Lintah Padang masih tergolong rendah, banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep IPA peserta didik, pembelajaran masih berpusat kepada guru, aktivitas yang pasif dari peserta didik, dan kurang bervariasinya strategi pembelajaran yang digunakan. Diantara cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik adalah dengan penerapan strategi Genius Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi Genius Learning dengan pembelajaran konvensional di kelas IV SDN21 Lubuk Lintah Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 21 Lubuk Lintah Padang tahun ajaran2015/2016. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik  Cluster Random Sampling. Diperoleh kelas IV.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV.2 sebagai kelas kontrol. Analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar IPA peserta didik di kelas eksperimen adalah 79,09 sedangkan pada kelas kontrol adalah 71,67. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji t, diperoleh hasil bahwa t hitung  > ttabel  yaitu (2,63>1,67) maka keputusannya adalah H0  ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui strategi Genius Learning dengan pembelajaran konvensional di kelas IV SDN 21 Lubuk Lintah Padang. Hasil belajar Genius Learning lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...