Jurnal Pembelajaran Sains
Vol 3, No 1 (2019)

ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA YANG BELAJAR MATERI MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DISERTAI FORMATIVE ASSESSMENT BERBANTUAN WEB

Sri Rahmawati (Universitas Negeri Malang)
Sentot Kusairi (Universitas Negeri Malang)
Sutopo Sutopo (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penguasaan konsep merupakan kemampuan dasar bagi siswa untuk memahami suatu pengetahuan secara baik dan benar. Namun, fakta lapangan menunjukan bahwa penguasaan siswa masih rendah salah satunya pada materi Momentum dan Impuls. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep Siswa yang belajar materi momentum dan Impuls berbasis scientific approach disertai formative assessment berbantuan web. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan desain embedded experimental. Data dari penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor pretest dan postest sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi selama  pembelajaran serta wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 MAN 1 Malang yang terdiri dari 38 siswa. Instrumen pengukuran penguasaan konsep diadaptasi dari energy and momentum conceptual survey (EMCS). Data dianalisis dengan paired sample t-test, rata-rata N-gain, dan d-effect size. Data kualitatif dianalisis dengan cara reduksi data, coding, deskripsi dan interprestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan konsep siswa yang belajar materi momentum dan impuls Berbasis Scientific Approach disertai formative assessment Berbatuan Web Meningkat. Hasil t-test didapatkan nilai yang signifikan (p = 0,00 < 0,05) antara skor pretest dan postest. Nilai N-gain yang diperoleh sebesar 0,33 yang termasuk kategori medium bawah. Sedangkan, Kekuatan dampak atau keefektivan pembelajaran terhadap penguasaan konsep siswa dilakukan perhitungan d-effect size. Nilai d-effect size sebesar 1,31 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil wawancara juga diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep Momentum dan Impuls berdasarkan hukum Newton II dan III. Kata kunci: Penguasaan Konsep, Scientific Approach, Formative Assesment

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpsi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pembelajaran Sains (Print ISSN: 2355-7044; Online ISSN: 2527-9157) provides a place for teachers, academics, lecturers, and students to share and discuss the results of their research in the field of science education. JPS publishes academic articles that focus on teaching and learning ...