Pembelajaran di dalam laboatorium membantu siswa dalam mengasah keterampilan mereka menemukan masalah yang ada dalam pembelajran. Siswa dapat berperan aktif dalam pelaksanaan praktikum dan dapat mengobservasi masalah apa yang terjadi serta menemukan cara penyelesaian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kreatif peserta didik SMK Cordova Margoyoso setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) dalam praktikum asas black menggunakan makromedia flash. Hasil analisis menggunakan skor rata-rata tes pre test awal sebesar 17,25 dan skor rata-rata post tes akhir sebesar 33,85. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning dalam praktikum asas black menggunakan makromedia flash. Model Problem Based Learning dalam praktikum asas black menggunakan makromedia flash mengharuskan siswa aktif dan membiasakan untuk berpikir kreatif. Model ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang fleksibel dan mempunyai alasan mengapa memilih cara tersebut (elaborasi).
Copyrights © 2018