Physics Communication
Vol 1, No 2 (2017): August 2017

OPTIMALISASI WAKTU COATING PADA BAHAN KOMPOSIT ALAM UNTUK KARAKTERISASI MORFOLOGI DENGAN SCANNING ELECTRON MICROSCOPY (SEM) ENERGY DISPERSIVE X-RAY SPECTROSCOPY (EDX)

Setyaningsih, Natalia Erna (Unknown)
Muttaqin, Rodhotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2017

Abstract

Komposit alam berbahan dasar daun jati telah dikembangkan di Universtas Negeri Semarang sebagai bahan alternatif pengganti kayu. Bahan komposit tersebut bersifat non konduktif sehingga untuk mengamati morfologinya dengan SEM (Scanning Electron Microscopy) diperlukan proses coating dengan menggunakan bahan konduktif seperti emas (Au) dan Palladium (Pd). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan waktu coating optimal untuk sampel komposit alam. Metode yang digunakan adalah dengan variasi waktu coating yaitu 30 sampai 180 detik dengan penambahan 30 detik pada arus tetap 18 mA. Dari hasil SEM menunjukkan bahwa secara kualitatif waktu coating optimal untuk bahan komposit alam adalah 90 detik. Dari analisis EDX didapatkan penambahan waktu coating mengakibatkan penurunan persentase kandungan unsur bahan komposit alam. Hasil EDX pada waktu coating 90 detik diperoleh kandungan Carbon 10,7 %, Oksigen 1,4% dan Nitrogen 1% dan bahan pelapis Emas 85,5% dan Palladium 0,6%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pc

Publisher

Subject

Physics

Description

Physics Communication is devoted to reporting important new developments in the area of physics. Papers cover the fields of: atomic and molecular physics condensed matter and theory of statistical physics nuclear theory fluid theory and plasmas elementary particle physics and quantum field theory ...