JOURNAL OF BUSINESS AND ECONOMICS RESEARCH (JBE)
Vol 1 No 1 (2020): Februari 2020

Analisis Kualitas Pelayanan Akademik pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma

Tulus Rohana (STIM SUKMA Medan)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan akademik pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemenn Sukma Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan pada bulan April s/d. Juni 2016. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder, yaitu berupa dokumen-dokumen resmi dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan, berupa kuesioner, observasi, dan hasil tes, sedangkan data sekunder berupa penelusuran referensi baik di pustaka yang sudah dicetak maupun media online. Sampel penelitian ini ditetapkan sebanyak 55 orang dengan menggunakan rumus Slovin, metode sampling menggunakan samping aksidental. Data dikumpulkan dengan cara observasi langusng Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan dengan menyebarkan kuisioner kepada sampel terpilih dan studi dokumentasi. Kuisioner dibangun dari indikator kualitas pelayanan, yang terdiri dari tangible (fisik), realiable (handal), responsiveness, assurance (jaminan) dan empaty. Data penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan cara mentabulasi jawaban responden dan mempresantekannya, kemudian menarik kesimpulan dari hasil presentase tabulasi tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang menjawab rata-rata setuju sebanyak 64.5% dan rata-rata sangat setuju sebanyak 17.6%, ini menunjukkan bahwa Ruang kuliah bersih dan nyaman, Proses pelayanan KRS, Transkrip, KHS, dll, di akademik cepat, Staff Akademik selalu bersikap rama dan sabar kepada mahasiswa, selain itu Dalam menangani keluhan mahasiswa, akademik bertindak dengan cepat, Permasalahan/keluhan mahasiswa selalu ditangani oleh akademik dan Staff akademik membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan studi. Sedangkan yang menjawab rata-rata kurang setuju sebanyak 13.8%, tidak setuju dan sangat tidak setuju masing-masing sebanyak 2%, ini menunjukkan bahwa Karyawan akademik kurang menjelaskan program-program akademik dengan baik, staff akademik juga dianggap tidak membantu mengatasi kusulitan mahasiswa dan staff Akademik tidak bersikap ramah dan sabar kepada mahasiswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbe

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

1. Human Resource Management, 2. Financial Management, 3. Marketing Management, 4. Strategic Management, 5. Organizational Behavior, 6. Operations Management, 7. Change Management, 8. Management of Sharia, 9. Knowledge Management 10.Entrepreneurship, 11.E-Business, 12.Business Management, 13.Capital ...