Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol 9, No 1 (2019)

PEMANFAATAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Ratnawati, Ni Kadek Mega (Unknown)
Utama, I Dewa Gede Budi (Unknown)
Dewantara, I Putu Mas (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan e-learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas XI dan siswa kelas XI IBB 2 sedangkan objek penelitian ini adalah pemanfaatan e-learning. Data pemanfaatan e-learning pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Singaraja dilihat dari aplikasi yang digunakan, penerapan e-learning dalam pembelajaran dan manfaat e-learning bagi guru. Data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian, yaitu pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Singaraja menerapkan e-learning jenis blended learning dengan memanfaatkan aplikasi schoology,  dan manfaat e-learning bagi guru, yaitu e-learning berfungsi sebagai supplement, e-learning  berfungsi sebagai complement, e-learning dapat melengkapi pembelajaran konvensional, e-learning merupakan cara belajar yang sehat, e-learning dapat melatih kemandirian belajar peserta didik, dan e-learning menjadi sumber informasi belajar bagi peserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...