Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 3, No 4 (2018): Edisi Desember 2018

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU PPKn DALAM PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MELALUI ‘LATBING’ PENGAWAS SEKOLAH

-, Haryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Berdasarkan hasil supervisi Pengawas Sekolah terhadap guru di sekolah binaannya diperoleh data/informasi bahwa kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran masih tergolong rendah dengan rata-rata kinerja sebesar 63,57 dan tingkat ketuntasan kelompok sebesar 14,29 %. Tujuan dari penelitian tindakan kepengawasan ini adalah: (1). Untuk mengetahui seberapa besar pembinaan pengawas sekolah melalui Latihan Terbimbing (Latbing) dalam meningkatkan kemampuan  guru PPKn melaksanakan pembelajaran, (2). Untuk mengetahui efektivitas penerapan Latihan Terbimbing  oleh Pengawas Sekolah dalam meningkatkan kemampuan  guru PPKn melaksanakan pembelajaran di SMP Binaan Kabupaten  Brebes tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus melalui pembinaan Pengawas Sekolah berupa Latihan Terbimbing. Hasil penelitian terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru PPKn  dalam melaksanakan pembelajaran secara signifikan. Dari kondisi awal rerata kemampuan guru sebesar 63, 57, setelah memperoleh tindakan pembinaan Pengawas Sekolah sampai dengan siklus III meningkat menjadi 82,14, hal ini berarti mengalami kenaikan nilai rerata sebesar 18,57 atau terdapat peningkatan kemampuan guru sebesar 29,21 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan supervisi akademik Pengawas Sekolah efektif meningkatkan kemampuan  guru PPKn dalam melaksanakan pembelajaran secara kelompok pada siklus III dengan tingkat ketuntasan mencapai sebesar 100 %.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...