PROSIDING SEMINAR NASIONAL
2014: PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEPERAWATAN

TERAPI BERMAIN LEGO DALAM MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH

Zulfa Tesaningrum (Unknown)
Mariyam - (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2015

Abstract

Kondisi anak sakit kadang memerlukan perawatan atau hospitalisasi. Hospitalisasi dapat menjadi stresor bagi anak dan menimbulkan kecemasan. Kecemasan dapat dikurangi dengan terapi bermain. Permainan seperti lego dapat dimainkan pada anak usia prasekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh terapi bermain lego terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah saat hospitalisasi di ruang Melati RSU RA Kartini Jepara. Rancangan penelitian ini eksperimen semu, dengan desain pre test dan post test, dan alat ukur lembar observasi. Jumlah sampel penelitian sebanyak 16 responden kelompok intervensi dan 16 kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan observasi tingkat kecemasan sebelum dan setelah terapi bermain lego pada kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan rerata tingkat kecemasan sebelum dilakukan terapi bermain lego pada kelompok kontrol 4,56 dan pada kelompok intervensi 4,25 sedangkan rerata tingkat kecemasan setelah terapi bermain lego pada kelompokkontrol 4,06 dan pada kelompok intervensi 2,56. Hasil analisis lebih lanjut menunjukkan nilai U=57,5< U tabel(66) pada kelompok intervensi yang diberikan terapi yang berarti signifikan ada pengaruh menurunkan kecemasan anak. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh terapi bermain lego terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah. Rekomendasi dari hasil penelitian ini diharapkan perawat agar memberikan terapi bermain lego pada anak usia prasekolah dalammenurunkan kecemasan akibat hospitalisasi.Kata kunci : usia prasekolah, tingkat kecemasan, lego

Copyrights © 2014