Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI)
2015

Pengaruh Penggunaan E-Learning Klasiber terhadap Net Benefit di Universitas Islam Indonesia dengan User Satisfaction sebagai Variabel Intervening

Syaiful Hendra (Unknown)
Sukardi Sukardi (Unknown)
Syahrullah Syahrullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2015

Abstract

Abstrak—Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuiimplementasi E-Learning Klasiber yang digunakan olehUniversitas Islam Indonesia di Yogyakarta untuk mendapatkannet benefit dari sistem informasi Klasiber yang diterapkan.Penelitian ini mengadopsi model DeLone and McLean 2003dengan menguji lima variabel yaitu system quality, informationquality, service quality, user satisfaction dan net benefit. Teknikanalisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM (StructuralEquation Model). Responden dalam penelitian ini sebanyak 169orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa yang menggunakanE-Learning Klasiber. Hasil penelitian menunjukkan bahwasystem quality tidak berpengaruh signifikan terhadap usersatisfaction, information quality berpengaruh signifikan terhadapuser satisfaction. Service quality berpengaruh signifikan terhadapuser satisfaction. User satisfaction berpengaruh signifikanterhadap net benefit.Kata kunci—E-Learning, system quality, information quality,service quality, user satisfaction, net benefit.

Copyrights © 2015