Jurnal Civicus
Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017

PENINGKATAN NILAI KEJUJURAN PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI NORMA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

maulidiny, disye purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2017

Abstract

Nilai kejujuran peserta didik pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII I SMPN 2 Katapang Kabupaten Bandung masih rendah, yang ditunjukan dengan rendahnya nilai kejujuran saat ulangan harian sedang berlangsung, saat diskusi kelompok, membuat laporan diskusi dan saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Salah satu alternatif untuk meningkatkan nilai kejujuran peserta didik ialah dengan mengimplementasikan model pembelajaran berbasis masalah. Teknik pengumpulan data diantaranya ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Implementasi model pembelajaran berbasis masalah dilaksanakan tiga siklus menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukan nilai kejujuran peserta didik mengalami peningkatan setelah implementasi model pembelajaran berbasis masalah di setiap siklus. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

civicus

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Civicus is a periodic scientific journal that is published twice a year (June and December) that publishes the results of original and recent research on Citizenship Education. This journal aims to develop concepts, theories, perspectives, paradigms, and methodologies in the study of the ...