Jurnal Civicus
Vol 18, No 1 (2018): JURNAL CIVICUS, JUNI 2018

IMPLEMENTASI PROGRAM SAMSAT KELILING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Deskriptif di Samsat Bandung Barat Kota Bandung)

Febriani, Rima (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul karena pesatnya jumlah kendaraan bermotor di Kota Bandung. Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui layanan inovasi Samsat Keliling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap permasalahan terkait pelaksanaan program Samsat Keliling. Pendekatan yang digunakan adalah  pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah adalah metode deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah pegawai Samsat Pusat, pegawai Samsat Keliling, dan masyarakat.  Hasi penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan program Samsat Keliling di Samsat Bandung Barat Kota Bandung sudah berjalan sesuai dengan tujuannya yaitu, meningkatkan mutu pelayanan pubik khususnya pelayanan Pajaka Kendaraan Bermotor dengan rata-rata peningkatan Pendapatan Asli Daerah pada awal tahun 2017 mencapai 85%. 2) kendala yang diahadapi dalam pelaksanaan program Samsat keliling terdiri dari terbatasnya mobil Samsat keliling, kesadaran Wajib Pajak, sarana dan prasarana. 3) upaya-upaya yang dilakukan diantaranya memilih akses wilayah yang mudah dijangkau oleh masyarakat agar lebih efektif dan efisien.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

civicus

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal Civicus is a periodic scientific journal that is published twice a year (June and December) that publishes the results of original and recent research on Citizenship Education. This journal aims to develop concepts, theories, perspectives, paradigms, and methodologies in the study of the ...