Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi)
Vol. 6, No. 2, Agustus 2018

Pemanfaatan Media Game I Gerantang untuk Melestarikan Cerita Rakyat Bali

Pande Nengah Purnawan (Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)
A. A. Ketut Agung Cahyawan Wiranatha (Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)
I Made Agus Dwi Suarjaya (Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2018

Abstract

Cerita Rakyat Bali sangat kental terhadap budaya Bali karena mampu memberikan nasihat berupa pesan moral kepada Masyarakat Bali. Cerita I Cupak lan I Gerantang yang merupakan salah satu Cerita Rakyat Bali saat ini hanya dilestarikan melalui media cetak. Dampak yang ditimbulkan adalah Cerita I Cupak lan I Gerantang mulai ditinggalkan, karena Masyarakat Bali sudah mulai meninggalkan budaya membaca. Solusi dari masalah tersebut adalah pemanfaatan media baru berupa game untuk melestarikan kembali Cerita I Cupak lan I Gerantang. Game I Gerantang dibuat menggunakan aplikasi Unity dengan bahasa pemrograman C#, berbasis Android dengan genre Role Playing Game. Metode Pre-Experimental dengan bentuk One Group Pretest-Postest Design digunakan untuk uji coba game terhadap 40 siswa. Hasil uji coba memperlihatkan 95% siswa tidak mengetahui isi cerita dan 92% siswa tidak mengetahui pesan moral dari cerita I Cupak lan I Geratang sebelum memainkan game, berubah menjadi 100% siswa mengetahui isi cerita dan pesan moral dari cerita I Cupak lan I Gerantang setelah memainkan game. Kata Kunci: Game, Android, Cerita Rakyat, I Gerantang

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

merpati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The journal publishes work from all disciplinary, theoretical and methodological perspectives. It is designed to be read by researchers, scholars, teachers and advanced students in the fields of Information Systems and Information Science, as well as IT developers, consultants, software vendors, and ...