Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi)
Vol. 3, No. 3, Desember 2015

Game Edukasi Rambu Lalu Lintas Berbasis Android

Ida Bagus Kresna Adi Jaya (Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)
Putu Wira Buana (Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)
A. A. K. Agung Cahyawan W. (Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

Jumlah kendaraan setiap tahun di Indonesia terus meningkat. Salah satu penyebabmeningkatnya jumlah kendaraan di Indonesia adalah orang Indonesia lebih suka menggunakankendaraan pribadi dibanding kendaraan umum. Konsekuensinya angka pelanggaran kendaraanbermotor di Indonesia meningkat tajam. Berdasarkan data pelanggaran dari KNKT denganbanyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara kendaraan bermotor, makadikembangkan penelitian yang berjudul Game Edukasi Rambu Lalu Lintas Berbasis Android.Game ini dibuat untuk membantu para pengendara kendaraan bermotor dalam mempelajaridan menghafal arti dari rambu lalu lintas. Metode Pengacakan Fisher-Yates digunakan dalamGame Edukasi Rambu Lalu Lintas yang bersifat Multiple-Choice. Soal yang terdapat dalamGame Edukasi Rambu Lalu Lintas sebanyak 84 soal, yang dibagi menjadi tiga level yangberbeda. Level Mudah untuk rambu yang sering dijumpai di jalan perkotaan di Indonesia. LevelSedang untuk rambu yang jarang ditemui di perkotaan, melainkan banyak berada di daerahpedesaan maupun pegunungan. Level Susah lebih fokus kepada rambu yang sifatnya lebihterkait kondisi tertentu yang tidak umum atau lebih mengkhusus. Hasil dari penelitian game inimenunjukkan bahwa responden yang menyukai aspek gampeplay dari Game Edukasi RambuLalu Lintas sebesar 100%.Kata kunci: Metode Pengacakan Fisher-Yates, Game, Android, Rambu Lalu Lintas.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

merpati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The journal publishes work from all disciplinary, theoretical and methodological perspectives. It is designed to be read by researchers, scholars, teachers and advanced students in the fields of Information Systems and Information Science, as well as IT developers, consultants, software vendors, and ...