Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIIC dengan strategi Two Stay Two Stray berbasis karakter pada materi bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Kedungbanteng sebanyak 36 siswa. Cara pengambilan data pada penelitian ini berupa tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif (ketuntasan hasil belajar) siswa pada siklus I sebesar 75 % dengan nilai rata-rata 69,09 meningkat menjadi 88,89 % dengan nilai rata-rata 74,94 pada siklus II. Keaktifan siswa pada siklus I 83,33 % meningkat menjadi 85,42 % pada siklus II.
Copyrights © 2019