Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT)
Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PADA RUMAH MAKAN KHAS KAILI JALAN TEMBANG DI KOTA PALU

Pina Pina (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako)
Zakiyah Zahara (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako)
Nirwan Nirwan (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

This research aims to know and analyze simultaneous and partial influence of service marketing mix (X), which consist of product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), physical evidence (X6), and process (X7) on consumer decision (Y) to buy at the Kailinese restaurant in Palu. Based on the result of multiple linear regressions, it is shown that service marketing mix consist of product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process, simultaneously have significant influence on consumer decision to buy at the Kailiniese restaurant in Palu with the sig. value of 0,737 or 73,7 %. Partially, the study also shown that service marketing mix which consist of product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process have significant influence on consumer decision to buy at the Kailinese restaurant in Palu with the sig. value of product = 0,559, price=0,085, place = 0,173, promotion = 0,042, people=0,201, physical evidence = 0,877, and process = 0,000. The most dominant variable that influences the decision of consumer is physical evidence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran jasa (X) yang terdiri dari produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), bukti fisik (6), dan proses (X7), secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen (Y) membeli di restoran khas Kaili Palu. Berdasarkan hasil regresi linier berganda, mendapatkan bahwa variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses, secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli di restoran kaili di Kota Palu. Dengan nilai pengaruh sebesar 0,737 atau 73,7%. Variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, dan proses secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli di restoran khas kaili di Kota Palu. Dengan nilai pengaruh sebesar: produk = 0559, harga = 0085, tempat = 0,173, promosi = 0,042, = 0.201 orang, bukti fisik = 0,877, dan proses = 0,000. variabel yang dominan mempengaruhi sebagian besar keputusan konsumen, variabel bukti fisik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jimut

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) terbentuk di tahun 2015 ( SK no. 0005.24433578/JI.3.1/SK.ISSN/2015.4 - 23 April 2015 ) bertujuan untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mahasiswa program studi S1 Manajemen. JIMUT merupakan Open Journal System (OJS) dengan e-ISSN : 2443-3578 dan ...