Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 7, No 1 (2010)

Pembelajaran Motivasi Berprestasi dalam Mata Kuliah Kewirausahaan dengan Game Tournament

Tejo Nurseto (FE UNY)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2012

Abstract

Seseorang yang mempunyai motivasi tinggi akan berusaha melakukan yang terbaik, memiliki kepercayaan terhadap kemampuan untuk bekerja mandiri dan optimis, tidak cepat puas atas hasil yang diperoleh serta mempunyai tanggung jawab yang besar atas perbuatan yang dilakukan sehingga seseorang yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi akan lebih berhasil dalam kehidupannya dibandingkan dengan mereka yang memiliki motif berprestasi rendah. Menurut McClelland motif berprestasi ialah keinginan untuk berbuat sebaik mungkin tanpa banyak dipengaruhi oleh prestise dan pengaruh sosial, melainkan demi kepuasan pribadinya, dorongan ini akan lebih nampak dalam suasana rivalitas-kompetitif. Teori ini cenderung individualistik, sementara saat ini untuk meraih kesuksesan yang lebih tinggi dan lebih besar diperlukan kerjasama dalam sebuah tim dari pada sekedar bersaing dengan orang lain. Oleh karena itu motivasi berprestasi dalam sebuah tim adalah Menerapkan standar kinerja dan standar kesempurnaan tim yang tinggi, mendorong anggota tim yang lain dan diri sendiri untuk berprestasi, mencapai, bahkan melebihi sasaran. Masalahnya motivasi berprestasi tidak bisa dibelajarkan dengan sekedar menyampaikan teori-teori motivasi, tapi yang lebih penting adalah bagaimana menginternalisasi motivasi berprestasi ke dalam diri setiap mahasiswa sehingga setiap peserta didik akan memiliki motivasi berprestasi yang cukup besar untuk meraih kesuksesan mereka di masa yang akan datang. Oleh karena itu pembelajaran harus dibuat dan dirancang sedemikian rupa sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik buat mahasiswa. Dengan game tournament dalam pembelajaran motivasi berprestasi mahasiswa dapat merasakan langsung pengalaman berusaha meraih prestasi bersama timnya, mahasiswa dapat mengkonstruksi sendiri makna motivasi berprestasi dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan akan lebih lama diingat oleh mahasiswa.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...