Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol 6, No 1 (2009)

Penerapan Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Statistika Lanjut

Ali Muhson (FISE UNY)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2012

Abstract

Pengembangan metode pembelajaran semakin penting untuk terus digalakkan agar efektivitas pembelajaran semakin meningkat. Penelitian ini berupaya untuk menerapkan metode pembelajaran Problem-Based Learning untuk mata kuliah Statistika Lanjut guna melihat dampaknya terhadap peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, implementasi, pemantauan, serta evaluasi dan refleksi. Penelitian ini menemukan bahwa (1) penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran statistika lanjut mampu meningkatkan minat belajar mahasiswa baik minat belajar di dalam maupun di luar kelas hal ini terjadi karena proses pembelajaran lebih banyak diberikan penugasan analisis kasus baik secara individual maupun kelompok sehingga menuntut partisipasi semua mahasiswa dalam proses pembelajaran, dan (2) penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran statistika lanjut mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa karena proses pembelajaran lebih ditekankan pada penerapan teknik dan prosedur statistika sehingga memudahkan mahasiswa untuk memahami konsep dan penerapannya.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...