Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 2, No 2 (2020)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KNOW WANT-LEARNED (KWL) SISWA KELAS IV-B SD NEGERI 24 KENDARI

Qur’ana, Rehzky (Unknown)
M, Mansyur (Unknown)
Rabani, La (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu sebab rendahnya kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan yaitu karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih bersifat kovensional. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah melalui strategi pembelajaran Know-Want-Learned (KWL) pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV-B SD Negeri 24 Kendari?.” Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema 7 indahnya keragaman di negeriku melalui penerapan strategi pembelajaran KWL (Know-Want-Learned). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 bertempat di Kelas IV-B SDN 24 Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV-B SDN 24 Kendari, dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 6 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kunatitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I sebesar 55% dengan rata-rata nilai 77,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan rata-rata nilai 84,8. Berdasarakan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Know-Want-Learned (KWL) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV-B SDN 24 Kendari.  Kata Kunci: Strategi pembelajaran KWL;kemampuan membaca pemahaman 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...