Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 2, No 1 (2020)

PENGARUH PERSEPSI GURU MENGENAI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA PEDAGOGIK GURU DI SD NEGERI 2 KENDARI

Renal, Agus (Unknown)
Sentryo, Izlan (Unknown)
Hamid, Rimba (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi guru mengenai kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja pedagogik guru di SD Negeri 2 Kendari. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terdapat guru yang mengajar di kelas berdasarkan pengalaman masa lalunya dari waktu kewaktu sehingga merasa menguasai materi di luar kepala dan tidak mau mengubahnya kepada hal-hal yang baru termasuk metode pembelajaran, penggunaan media, sistem penilaian yang kurang dipahami dan mengajar secara hafalan atau tanpa persiapan mengajar sebelumnya. Sementara itu kepemimpinan kepala sekolah belum dapat sepenuhnya mempengaruhi, menggerakkan, mengembangkan dan memberdayakan guru untuk dapat meningkatkan motivasi kerja dan kinerja tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri 2 Kendari yang berjumlah 31 orang. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan skala likert yang memiliki 4 alternatif jawaban, terdiri atas 40 butir. Instrumen penelitian diujicobakan kepada 14 guru di SDN 100 Kendari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan Kepala sekolah di SDN 2 Kendari menurut sebagian besar guru (94%) termasuk dalam kategori tinggi; kemudian (2) Kinerja pedagogik guru SDN 2 Kendari lebih dari separuh guru (74%) dalam kategori tinggi; dan (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan persepsi guru terhadap kinerja pedagogik guru sebesar 29,27% sedangkan 70,83% lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah; Kinerja Pedagogik Guru

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...