Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 1, No 2 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS III SD NEGERI 2 LALOEHA KABUPATEN KOLAKA

Nurwahida, Nurwahida (Unknown)
Arihi, La Ode Safiun (Unknown)
Hasan, Sakka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2019

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 2 Laloeha? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa PKn kelas III SD Negeri 2 Laloeha dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi norma yang berlaku di masyarakat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun prosedur penelitian ini adalah : (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; (4) evaluasi;  (5) refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Hasil analisis penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 10 orang atau sebesar 62,5% dengan nilai rata-rata 66,25, persentase aktivitas guru pertemuan pertama sebesar 64,7% dan pertemuan kedua sebesar 76,5%, persentase aktivitas belajar siswa pertemuan pertama sebesar 58,8% dan pertemuan kedua sebesar 76,5%. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa  mencapai 15 orang atau sebesar 93,75% dengan nilai rata-rata 72,3, persentase aktivitas guru sebesar 88,2%, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 82,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa, persentase aktivitas mengajar guru dan persentase aktivivtas belajar siswa di kelas III SD Negeri 2 Laloeha Kabupaten Kolaka.Kata kunci: Model pembelajaran, Think-Pair-Share, hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...