Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh rutinitas tilawah al-qur’an terhadap karakter religius siswa, pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di kelas IX SMP IT YPI “45” Bekasi. Penelitian ini menggunaka pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik asosiatif. Teknik pengumpulan data yang menggunakan kuisioner dengan skala likert. Sampel penelitian sebanyak 45 siswa. Instrument penelitian menggunakan angket dan penyebaran angket kepada 45 siswa. Teknis analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Pertama, dari hasil perhitungan angket dengan menggunakan rumus product moment, peneliti memperoleh hasil “rhitung” sebesar 0.780 dengan interpretasi kuat, sedangkan besarnya pengaruh antara kedua variabel tersebut sebesar 0,608 artinya Rutinitas Tilawah Al Quran memberikan kontribusi terhadap Karakter Religius Siswa sebesar 60,8%, sisanya 39,2% ditentukan oleh faktor lain, pengaruhnya signifikan karena thitung = 8,168 lebih besar daripada ttabel sebesar 2,021 pada taraf kesalahan sebesar 5%. Dengan kata lain semakin dikerapkan Rutinitas Tilawah Al Quran semakin meningkat Karakter Religius Siswa. Kedua, terdapat pengaruh Rutinitas Tilawah Al Quran dengan Karakter Religius Siswa yang signifikan yang dapat dilihat berdasarkan nilai Fh sebesar 66,71 lebih besar dari Ft sebesar 7,24. Pola hubungannya linear dapat dibuktikan melalui Fh sebesar 0,92 lebih kecil dari Ft sebesar 2,46. Persamaan regresi Y = 48,28 + 0,65X menunjukkan bahwa apabila Rutinitas Tilawah Al Quran dan Karakter Religius Siswa diukur dengan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, maka setiap kenaikan satu unit skor Rutinitas Tilawah Al Quran (X) akan diikuti oleh penurunan skor Karakter Religius Siswa sebesar 0,65 dengan konstanta 48,28.
Copyrights © 2018