Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 43, No 3 (2010): Oktober 2010

PEMAHAMAN DAN ORIENTASI NILAI PANCASILA MAHASISWA SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA

-, Sukadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2010

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan tingkat pemahaman mahasiswaterhadap Pancasila, 2) mendeskripsikan orientasi nilai Pancasila, (3) mendeskripsikan efektivitaspembelajaran Pendidikan Pancasila, dan (4) menjelaskan hubungan antara efektivitas pembelajaranPendidikan Pancasila dengan tingkat pemahaman dan orientasi nilai Pancasila mahasiswa.Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survey. Penelitiandilakukan pada mahasiswa Undiksha yang telah mengikuti kuliah Pendidikan Pancasila padasemester ganjil tahun akademik 2009/2010 sejumlah 306 orang yang dipilih secara purpossive danmultistage sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan kuesioner, tesobjektif pilihan ganda, dan inventori nilai Pancasila. Teknik analisis data yang digunakan adalahsecara statistik deskriptif dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahamanmahasiswa terhadap Pancasila berada pada kategori cukup; (2) orientasi nilai Pancasilamahasiswa dan tingkat efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila berada pada kategori tinggi;dan (3) ada perbedaan orientasi nilai Pancasila mahasiswa yang signifikan ditinjau dari tingkatefektivitas pembelajaran, dimana mahasiswa yang menilai pembelajaran berlangsung sangatefektif paling tinggi pula tingkat orientasi nilai Pancasilanya.Kata-kata kunci: pemahaman Pancasila, orientasi nilai Pancasila, dan efektivitas pembelajaranPendidikan Pancasila

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...