Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 43, No 2 (2010): Juli, 2010

Pemanfaatan Permainan Tradisional Angklik Sebagai Sumber Belajar Bidang Pengembangan Matematika Pada Anak Usia Dini

Hasibuan, Rachma (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2010

Abstract

Anak TK usia 4-6 tahun merupakan bagian dari anak usia dini yang berada pada rentangan usia lahir sampai usia 6 tahun. Masa ini merupakan masa untuk meletakkan daras pertama dalam mengembangan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, social emosional, konsep diri, disiplin dan lain-lain. Oleh sebab itu dibutuhkan stimulasi yang sesuai kebutuhan anak. Upaya pengembangan tersebut harus dilakukan melalui kegiatan bermain sambil belajar atau belajar se-raya bermain.Untuk memilih permainan yang aman dan berkualitas salah satunya diantaranya adalah permainan “angklik”. Permainan “ angklik” ini dapat digunakan oleh guru TK sebagai sum-ber belajar dalam bidang pengembangan matematika. Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka dapat dirumuskan permasalahannya : 1) Bagaimanakah cara melakukan permainan tradisional “angklik” ?, 2) Bagaimanakah letak keterkaitan permainan “angklik” tersebut dengan bidang pengembangan matematika ? Tujuan penelitian ini yaitu : untuk mengetahui keterkaitan permainan tradisional “angklik” dengan pemahaman konsep matematika untuk anak TK. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di TK yang berada di Kecamatan Tambaksari Surabaya secara purposive sampling dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dukumentasi. Metode analisis kwalitatif untuk menjawab permasalahan yang akan mengungkap pemanfaatan permainan tradisional angklik ini dalam mengembangkan konsep matimatika. Hasil dari penelitian ini bahwa anak-anak selalu termotivasi untuk bermain. Melalui bermain, anak diajak untuk bereksplorasi, menemukan dan memanfaatkan objek-objek yang dekat dengan anak. Kemampuan intelektual (daya pikir) anak sebagian besar dikembangkan dalam kegiatan bermain. Permainan tradisional angklik ini yaitu mengenalkan konsep matematika (konsep bilangan konsep geometri, konsep estimasi, konsep ukuran). Pengguasaan konsep matematika pada anak TK yang diamati melalui permainan ini sudah baik, sehingga diharapkan dapat menunjang keberhasilan pengajaran mate-matika pada pendidikan formal selanjutnya. Permainan yang mengandung nilai pendidikan ini dapat memudahkan guru dalam mengajarkan konsep bilangan pada bidang pengembangan matematika bagi anak, sehingga image bahwa matematika yang menakutkan bagi anak tidak lagi akan mem-buat anak menjadi trauma dalam belajar matematika, tetapi sebaliknya akan menyenangkan bagi anak.Kata kunci: permainan tradisional, angklik, anak usia dini, matematika

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...