Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 4 (2014): April 2014

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPAKELAS IV SDN

F34210254, Ece (Unknown)
., Marzuki (Unknown)
., Paridjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2014

Abstract

Abstrak: Masalah pada penelitian ini adalah usaha untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan metode eksperimen pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sebuduh Kembayan Sanggau. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuknya penelitian Tindakan Kelas, dan sifat penelitian bersifat kolaboratif, subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sebuduh Kembayan Sanggau yang berjumlah 12 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung, teknik dokumenter, dan alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi. Hasil penelitian berdasarkan observasi dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan penerapan metode eksperimen pada pelajaran Ilmu Pengetahuan alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Sebuduh Kembayan Sanggau dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik, diterima. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen. Abstract: The problem in this research is an attempt to improve the learners' learning activities by using experimental method in natural science subjects at the fourth grade students in the Elementary School 11 Sebuduh Kembayan Sanggau. This research method is descriptive, in the Classroom Action Research, and the nature of this research is qualitative research, the research subjects are teacher and fourth grade students in the Elementary School 11 Sebuduh Kembayan Sanggau which consisted of 12 people in whole. The techniques used in this research were the technique of direct observation, documentary technique, and data collection tool were used as observation guidelines. The result based on observation by using experimental method had improved can learning activity of students. This shows that the hypothesis that stated the application of the experimental method in natural science lessons at the fourth grade students in the Elementary School 11 Sebuduh Kembayan Sanggau can improve learners' learning activities, accepted. Keywords: Learning Activity, Learning Science, Experimental Method

Copyrights © 2014