Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 12 (2014): Desember 2014

PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS I

Mashunah, ST Jauhar (Unknown)
Hasjmy, Maridjo Abdul (Unknown)
., Marzuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2014

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikanpeningkatanaktivitas peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan  menggunakan pendekatan saintifik di kelas I Sekolah Dasar Negeri 14 Manis Mata Ketapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Bentuk penelitiannya adalah survey studies.Jenis penelitiannya tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik yang berjumlah 9 orang.Hasil penelitian menentukan hal-hal sebagai berikut: (a) Aktivitas fisik peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik telah meningkat dari baseline 24,99 % ke siklus III 77,77 % meningkat sebesar 52,78 %. (b) Aktivitas mental peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik telah meningkat dari baseline 30,55 % ke siklus III 74,99 % meningkat sebesar 44,44%. (c) Aktivitas emosional peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik telah meningkat dari baseline 36,10% ke siklus III 86,10 % meningkat sebesar 50 %.Dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik berdampak positif dan bermakna bagi peserta didik.   Kata kunci : Peningkatan aktivitas, tematik terpadu, saintifik. Abstract :The purpose of this study to describe the increase in the activity of learners in an integrated thematic learning by using the scientific approach in Public Elementary School first grade 14 Manis Mata Ketapang. The method used in this research is descriptive method of research is a survey studies Form. Type class action research. Subjects in this study were educators and learners, amounting to 9 people. The results of the study determine the following matters: (a) physical activity of students in an integrated thematic learning with scientific approach has increased from baseline 24.99% to 77.77% the third cycle increased by 52.78%. (b) the mental activity of students in an integrated thematic learning with scientific approach has increased from a baseline of 30.55% to 74.99% the third cycle increased by 44.44%. (c) emotional activity learners in thematic learning integrated with scientific approach has increased from a baseline of 36.10% to 86.10% the third cycle increased by 50% .The scientific capproachin thematic learning have meaning ful and positive impact for learners.   Keywords :Increasedactivity, integratedthematic, scientific.

Copyrights © 2014