Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 7 (2014): Juli 2014

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING TEKS KALIMAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE MODELLING THE WAY DI KELAS II

F34211369, Riduan (Unknown)
Marli, Suhardi (Unknown)
Utami, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2014

Abstract

Abstrak: Masalah penelitian ini adalah apakah metode moedelling the way dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II. Apakah penggunaan metode modelling the way dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan ketepatan penggunaan intonasi? Metode penelitian ini adalah metode deskriptif,.Sifat penelitian bersifat kualitatif. Subjek penelitian guru, kolaborator dan murid kelas II  yang berjumlah 24 orang.Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik obsservasi langsung, teknik dokumenter,  dan alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman observasi dan catatan tentang hasil belajar murid. Hasil penelitian dengan menggunakan metode modelling the way Dengan menggunakan modelling the way pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang membaca nyaring teks ada peningkatan Ketepatan ucapan murid dalam membaca teks yaitusiklus I   75%,kesiklus II  91,6%, Kejelasan ucapan yaitu siklus I   83%, kesiklus II meningkat100%, Ketepatan menggunakan intonasisiklus I  75%  siklus II  100%, Ketepatan tanda bacasiklus I  75%  siklus II  91,6%. Kata kunci : Membaca Nyaring,  Bahasa Indonesia, Metode   Abstrak : Masalah Penelitian ini adalah apakah metode moedelling the way Dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring pembelajaran bahasa Indonesia pada di Kelas II. Apakah penggunaan metode modeling the way proses dalam Bahasa Indonesia pembelajaran Dapat meningkatkan ketepatan penggunaan intonasi ? Metode Penelitian ini adalah metode deskriptif , . Sifat Penelitian bersifat kualitatif . Subjek Penelitian guru murid kolaborator give Kelas II berjumlah 24 orang.Teknik yang yang ini adalah Penelitian digunakan dalam teknik obsservasi langsung , teknik dokumenter give pengumpul digunakan adalah alat yang Pedoman data observasi give hasil belajar murid tentang catatan . Hasil Penelitian dengan menggunakan metode modeling the way dengan menggunakan modeling the way Bahasa Indonesia pada pembelajaran membaca nyaring tentang teks ucapan murid Ketepatan peningkatan ada dalam teks membaca yaitusiklus I 75 % , II 91.6 % kesiklus , Kejelasan ucapan yaitu siklus I 83 % , kesiklus II meningkat100 % Ketepatan menggunakan intonasisiklus siklus II I 75 % 100 % Ketepatan bacasiklus I shoot 75 % siklus II 91.6 %. Kata kunci : Membaca Nyaring , Bahasa Indonesia, Metode

Copyrights © 2014