Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 6 (2013): Juni 2013

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKANMEDIA REALITA DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Kurniawati, M G Ida (Unknown)
Tampubolon, Budiman (Unknown)
., Ngatiyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2013

Abstract

Abstrak:Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan media realita di kelas II sekolah dasar. Masalah umum dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media realita dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penggunaan media realita untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas II Sekolah Dasar Negeri 04 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan menggunakan media realita ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II yaitu pada siklus I dengan rata-rata 75,36, sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 90, terdapat peningkatan 14,64. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media realita dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran IPA. . Kata Kunci:media realita, hasil belajar IPA Abstract:Improving student learning outcomes in science learning by using media realities in class II. A common problem in this study is whether the use of media reality can improve student learning outcomes in the Natural Sciences learning in class II Elementary School District 04 Gammon River Kubu Raya?. The purpose of this study was to describe the reality of the use of media to enhance the student learning outcomes in the Natural Sciences learning in class II Elementary School District 04 Gammon River Kubu Raya district. The method used in this research is descriptive method. By using the media reality it can improve student learning outcomes in class II are in the first cycle with a 75.36 average, while in the second cycle with an average of 90, there is an increase in 14.64. From the data obtained shows that the use of media reality can improve student learning outcomes in science teaching second grade. Keywords: media reality, science learning outcomes

Copyrights © 2013