Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 6 (2015): JUNI 2015

USING READ, ENCODE, ANNOTATE AND PONDER (REAP) STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION

Rahmawati, . (Unknown)
Supardi, Iwan (Unknown)
Bunau, Eusabinus (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi REAP memberikan hasil belajar yang berbeda atau tidak dalam pengajaran pemahaman membaca pada teks naratif untuk  siswa kelas  sebelas MAN Mempawah. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui keefektifan penerapan strategi REAP untuk pengajaran pemahaman membaca. Experimen semu dengan rancangan kelompok non-equivalent digunakan dalam penelitian ini. Sample penelitian ini adalah siswa dari kelas XI Ilmu Sosial 1 sebagai kelompok eksperimen dan  siswa dari kelas XI Ilmu Sosial 2 sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam pemahaman membaca berbeda setelah menerapkan strategi REAP. Hal ini di tunjukan oleh selisih skor antara pretest and posttest pada kelompok eksperimen, yaitu sebesar (11.59), lebih tinggi dari selisih skor antara pretest dan posttest pada kelompok kontrol, yaitu sebesar (6.37). Kefektifan strategi ini juga ditunjukan oleh efek size formula ( 0.98, yang tergolong mempunyai efek yang sedang. Kata Kunci : Membaca, Teks Naratif, Strategi REAP Abstract: This research aims to find out whether REAP strategy gives difference learning achievement or not for teaching reading comprehension on narrative text to the eleventh grade students of MAN Mempawah. It was also to know the effectiveness of using REAP Strategy for teaching reading comprehension. A quasi experimental with non-equivalent group design is used. The samples of this research were students of XI Social Sciences class 1 as experimental group and others of XI Social Sciences class 2 as the control group.  The result of data analysis showed that the students’ achievements in reading comprehension are different after using REAP strategy. It showed by the interval score between the pretest and posttest in experimental group (11.59) was higher than the interval score between pretest and posttest in control group (6.37). This strategy was also proved effective, showed by the effect size value ( 0.98, qualified as having moderate effect.   Key Words: Reading, Narrative Text, REAP Strategy

Copyrights © 2015